Rabu, 24 November 2010

Seni Berbahasa Membentuk Budaya Bangsa

Globalisasi saat ini sangat mempengaruhi kehidupan berbudaya suatu bangsa. Termasuk budaya berbahasa warganya. Orang Indonesia akan lebih bangga ketika dalam pergaulan mereka menggunakan bahasa asing terutama bahasa Inggris. Bahkan, saat ini banyak sekolah yang berlomba – lomba menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan memberi label dirinya sebagai Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Itu hanya sebagian dari fenomena yang menunjukkan betapa bahasa Indonesia sudah tidak lagi menempati posisi utama dalam kehidupan berbangsa. Bahasa Indonesia hanya dijadikan bahasa pemanis dalam kehidupan sehari – hari. Menurut Yus Rusyana, ahli bahasa Indonesia, bahasa sangat menentukan identitas bangsa. Bahasa sangat mempengaruhi kebudayaan yang dianut oleh negara itu. Jika bahasa itu berubah maka identitas dan kebudayaan negara tersebut akan lenyap pula. Walaupun begitu, ia menilai internasionalisasi saat ini bukanlah hal yang baru. Ini adalah hal yang lama, tetapi telah memiliki pergeseran makna di dalam warga negara Indonesia.
Masuknya hal – hal asing juga dianggap sebagian seorang seolah – olah dewa yang menyelamatkan dari kegelapan, dewa pemberi kenikmatan dari kesengsaraan. Globalisasi terlihat seperti telah menyihir sebagian masyarakat dengan mantranya agar masyarakat mau menerimanya begitu saja tanpa ada penyaringan dan pendirian dalam dirinya. Hal ini pulahlah yang dijelaskan oleh Yus Rusyana, ia mengganggap internasionalisasi yang terjadi saat ini lebih dimotori karena masyarakat Indonesia menganggap apa yang datang dari luar selalu lebih canggih dan modern. Telah terjadi proses pengibulan di dalamnya dengan menyatakan bahwa ini adalah kebudayaan global. Kebudayaan yang sesungguhnya tidak ada dalam dunia nyata, tetapi hidup dalam dalam angan – angan setiap masyarakat Indonesia.
Walaupun begitu, bukan tidak ada jalan untuk mengatasi hal ini. Hal yang semakin lama akan menghancurkan kebudayaan bangsa. Yus mengatakan, hal termudah yang dapat dilakukan masyarakat saat ini ialah mengutamakan pengajaran dengan bahasa Indonesia dan berbanggalah dengan bahasa Indonesia dalam pergaulan sehari – hari. (Yulanda Niagara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar