Rabu, 24 November 2010

Unit Pecinta Budaya Minangkabau Melakukan Pendokumentasian dan perekaman untuk Pertukaran Budaya




Selasa, (23/11) Unit Pecinta Budaya Minangkabau Universitas Padjadjaran melakukan rekaman gambar di gedung Gor Pakuan Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Unit kegiatan mahasiswa ini melakukan rekaman dalam rangka pendokumentasian tarian khas Budaya Minangkabau. Tarian-tarian yang ditampilkan antara lain, Tari Pesembahan, Tari Piring, dan Randai yang merupakan perpaduan antara silat dan drama. Silat Randai yang dilakukan oleh enam orang ini merupakan yang pertama kali ditampilkan dan direkam, setelah itu, baru kemudian tari pesembahan yang dilakukan untuk melakukan penghormatan atau penyambutan orang-orang yang penting.

Pendokumentasian ini ditujukan untuk memudahkan bagi orang-orang yang ingin belajar tarian-tarian Minang dan Silat Randai sehingga lebih cepat dalam memahami setiap gerakan dan maksud dari tarian dan silat dari Budaya Minang. Arif, Ketua Angkatan 2009 UPBM mengatakan, selain akan didokumentasikan, rekaman gambar ini juga akan di upload ke dunia maya dan akan ditampilkan dalam acara di Malaysia.

Selain untuk pendokumentasian, rekaman ini juga rencananya akan ditampilkan dalam acara International Cultural Youth Exchange (ICYH). Acara ICYH ini akan di adakan di Malaka, Malaysia pada bulan Desember mendatang. Salah satu anggota UPBM ikut iundang dalam acara ini, rencananya ia yang akan memperkenalkan Budaya Minang di Malaysia. Pengambilan gambar ini dilakukan sepanjang malam di Gor Pakuan, sempat ada beberapa kesalahan kecil saat penampilan, namun para penari atau penampil mampu mengendalikan diri sehingga tidak melakukan kesalahan-kesalahan pada pengambilan gambar selanjutnya. (Hafiz Sezario Indra).

Nara Sumber :
Nama : Arif Mulizar
TTL : Bukittinggi, 23 Mei 1991
Jabatan : Ketua Angkatan 2009 UPBM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar